Blog Post

blog post

Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, kembali bersuara soal tudingan banyaknya informasi palsu beredar di layanan tersebut. Ia menegaskan bahwa Facebook telah berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut sejak lama.

Kendati telah melakukan berbagai upaya memberantas hoax (informasi palsu), Zuckerberg mengakui bahwa masalahnya memang rumit, baik secara teknis atau filosofis.

"Meski jumlah informasi palsu relatif sedikit, kami memiliki banyak pekerjaan di depan dengan roadmap kami," jelas Zuckerberg seperti dikutip dari Reuters, Senin (21/11/2016).

Ia pun menguraikan serangkaian langkah yang sudah dilakukan, termasuk menggunakan lebih banyak otomatisasi untuk mendeteksi apa yang akan ditandai oleh pengguna sebagai sesuatu hal yang salah, sebelum mereka melakukannya sendiri.

Zuckerberg menambahkan, Facebook akan mempermudah pelaporan konten palsu melalui kerjasama dengan organisasi verifikasi pihak ketiga dan jurnalis, dalam upaya pengecekan fakta.

Selain itu, juga mengeksplorasi konten yang sudah ditandai. Perusahaan juga akan mencegah penyedia berita palsu menghasilkan uang dari sistem iklan miliknya.

Namun suami Priscilla Chan itu menegaskan Facebook akan berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan, seperti secara tak sengaja justru membatasi konten berisi informasi asli. "Kami tidak ingin menjadi penentu kebenaran seorang diri, melainkan bergantung pada komunitas dan pihak ketiga terpercaya kami," tuturnya.

http://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/bos-facebook-keukeuh-upayakan-basmi-hoax/ar-AAkAQGq?li=AAfui9h&ocid=iehp

  • Share This Story

Komentar (0)

Leave a comment