Blog Post

blog post

GOOGLE embali merilis data “sensus” populasi gadget Android berdasarkan versi sistem operasi di laman dashboard Android Developer. Untuk pertama kalinya, Android 7.0 Nougat muncul dalam daftar.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (9/11), sistem operasi Android terbaru itu baru digunakan oleh 0,3 persen dari keseluruhan perangkat Android yang beredar.

Capaian angka tersebut sangat kecil mengingat Nougat telah mulai tersedia sejak bulan Agustus lalu. Sebagai perbandingan, sistem operasi mobile Apple, iOS 10, telah terpasang di 60 persen perangkat iOS sejak dirilis pada pertengahan September.

Namun hal ini bisa dimaklumi mengingat Nougat baru tersedia untuk perangkat Nexus dan Pixel besutan Google saja. Satu-satunya ponsel pabrikan lain yang datang dengan Nougat secara default adalah LG V20.

Rendahnya angka adopsi OS terbaru adalah cerminan fragmentasi yang selalu ada di ekosistem Android. Para pabrikan smartphone memiliki konfigurasi berbeda untuk gadget masing-masing, sehingga mempersulit penyaluran update secara serentak, termasuk pembaruan soal sekuriti.

Sistem operasi Android paling banyak beredar adalah Lollipop (versi 5.0 dan 5.1) yang terpasang di 34,1 persen perangkat.

Urutan kedua dan ketiga masing-masing ditempati Kitkat (versi 4.4) dengan 25,2 persen, serta Marshmallow (versi 6.0) yang mencatat 24 persen. Untuk saat ini, populasi Nougat masih lebih rendah dibandingkan versi-versi Android yang sudah tua seperti Gingerbread (versi 2.3.3-2.3.7) dan Ice Cream Sandwich (versi 4.0.3 dan 4.0.4).

Adopsi Nougat diharapkan bakal lebih cepat lagi di tahun mendatang. Beberapa vendor smartphone bakal merilis update OS tersebut di tahun depan.

 

http://www.korankaltim.com/adopsi-android-nougat-masih-rendah/

  • Share This Story

Komentar (0)

Leave a comment