Blog Post

blog post

 

Layanan Free Hotspot yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara sudah dapat dinikmati oleh masyarakat sejak 21 Juli 2017. Hal tersebut dikatakan Kadis Kominfo Bahteramsyah melalui Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi H.AJI MOHD. DECKI ISMAIL, Selasa (25/7/2017) di Tenggarong.

Menurut Decki layanan tersebut dapat diakses dengan menggunakan 2 (dua) cara, yaitu 1.Login ke hotpot Kukar bagi masyarakat yang telah memiliki user, layanan ini dapat diakses selama 24 jam. "Bagi masyarakat yang sudah memiliki user sebelum tahun 2017 diminta untuk melakukan peremajaan profilnya secara online di http://hotspot.kukar:8081/user," katanya. 

Selanjutnya, bagi yang belum memiliki user dapat mendaftar langsung di Kantor Diskominfo Kab Kukar Jalan Pahlawan No. 1 Kel Timbau Tenggarong dengan menyerahkan foto kopi KTP dan/atau Karpeg bagi PNS dan/atau ID Pers bagi Jurnalis selama hari Kerja, yaitu Senin s/d Jumat mulai pukul 07.30 s/d 16.00 wita, kecuali Jumat mulai pukul 07.30 s/d 11.00 wita.

Cara yang ke 2 (dua) dengan tanpa login bagi masyarakat yang tidak dan/atau belum memiliki user hotspot kukar, layanan ini dapat diakses dengan system session time, yaitu setiap user hanya bisa mengakses dengan interval waktu 6 jam dari akses pertama, dengan menggunakan perangkat (gadget/laptop/tablet) yang sama.

"Saat ini kami memasang 13 titik free hotspot di wilayah Tenggarong dengan jarak 5 kilometer. Masing-masing titik memiliki jangkauan (coverage area) hingga radius 200 meter dan mampu memback up jaringan internet bagi 20 user/titik hotspot. Layanan Free Hotspot ini memiliki Kecepatan maksimum 512 kbps untuk upload dan download," ujarnya.

Ditambahkan Decki, Ke-13 titik hotspot tersebut dirancang dengan konfigurasi wireless WDS, yaitu coverage tidak terputus antar tiap titik. "Kecuali di beberapa titik yang lokasinya lebih dari 300 meter coverage agak sedikit terputus (blankspot)," jelasnya.

Adapun tiga Belas titik hotspot tersebut berada di area sebagai berikut, Area Depan Kantor Bupati, Jalan Wolter Monginsidi, Area Rais Variasi, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area Era Mart, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area Salon Riben, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area Kodim, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area Gapensi, Jalan KH Akhmad MuhsinArea Sekretariat Gerbang Raja, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area Kursus BRI Syariah, Jalan KH Akhmad Muhsin, Area DPP&KB (kantor Dispenda Lama), Jalan KH Akhmad Muhsin (Creative Park), Area ISBI, Jalan Sudirman, Area Inspektorat, Jalan Diponegoro, Area Kesbangpol, Jalan Diponegoro, Area Monumen Pancasila, Jalan Monumen Timur.

Layanan Free Hotspot Kukar membatasi akses You Tube, yang hanya bisa diakses mulai pukul 16.00 wita s/d 07.00 wita. Diskominfo akan terus memperbanyak titik hotspot hingga ke seluruh Obyek Wisata sehingga Warga atau masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet untuk mencari informasi yang mereka perlukan. 

Untuk keterangan lebih lanjut tata cara registrasi user free hotspot dapat menghubungi saudara Nanda di HP. 082135888800 atau saudara Misro HP. 081346514923. (adv/kominfo/ir)

  • Share This Story

Komentar (0)

Leave a comment