Blog Post

blog post

MAKASSAR - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) salah satu dari 25 kabupaten/kota di Indonesia yang lolos seleksi sebagai bagaian dari Gerakan Menuju 100 Smart City yang ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) melalui Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijan Pangerapan, Senin (22/5/2017) lalu di Kota Makassar.

Penandatanganan MoU tersebut diteken oleh Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah mewakili Pemkab Kukar dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi diikuti kabupaten/kota lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri Informasi dan Komunikasi Rudiantara melalui video mengatakan Smart City bukan sebatas kemajuan teknologi tapi bagaimana memajukan masyarakatnya.

"Tujuan Smart City adalah bukan untuk membeli teknologi, komputer dan lain sebagainaya, karena jika ini dilakukan yang untung adalah vendor, bukan masyarakatnya," katanya.

Ditambahkan Rudiantara, tahap awal hanya 25 kabupaten kota terpilih yang melakukan MoU dengan Kemenkominfo untuk Smart City. Sementara 75 kota sisanya ditargetkan akan tercapai hingga tahun 2019 mendatang.

"Target awal ini hanya 25 kabupaten/kota yang sudah terlebih dahulu lolos seleksi menuju Gerakan 100 Smart City, berikutnya akan menyusul,". Jelasnya.

Sementara itu Kadiskominfo Kukar Bahteramsyah menyambut baik atas terpilihnya pemkab Kukar dalam tahap awal yang masuk 25 kabupaten/kota menuju gerakan 100 Smart City di Indonesia.

"Alhamdulillah, MoU dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi sudah diteken kedua belah pihak dalam hal ini Pemkab Kukar diwakilkan oleh Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah," katannya.

Adapun 25 kabupaten Kota yang lolos menuju 100 Smart City adalah Semarang, Sleman, Singkawang, Makassar, Bogor, Tomohon, Bandung, Siak, Mimika, Gersik, Jambi.

Kemudian Sidoarjo, Bandung, Cirebon, Bekasi, Purwakarta, Sukabumi, Samarinda, Tangerang Selatan, Kutai Kartanegara, Banyuasin, Pelawan, Bojonegoro dan Banyuwangi. (adv/kominfo)

Foto : Sri wahyuni.

  • Share This Story

Komentar (0)

Leave a comment